Senin, November 27, 2017

kanker prostat menyebar ke tulang

Pria yang memiliki kanker prostat yang telah menyebar ke bagian tubuh yang lain ( advanced prostate cancer ) mungkin mendapatkan beberapa masalah yang kita gambarkan di halaman ini. Gejala yang Anda miliki akan bergantung pada tempat kanker menyebar dan seberapa cepat pertumbuhannya. Anda mungkin hanya mendapatkan beberapa gejala dan mungkin tidak akan mempengaruhi Anda setiap hari. Tapi kanker mungkin menyebar lebih jauh dari waktu ke waktu, menyebabkan gejala yang mempengaruhi Anda lebih banyak.

Ada perawatan yang tersedia untuk membantu mengelola gejala dan hal lain yang dapat membantu. Cari tahu apa yang bisa membantu dalam cara Mengelola gejala dan efek samping panduan kanker prostat stadium lanjut .

Jika Anda belum didiagnosis menderita kanker prostat, namun ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa yang harus diwaspadai, Anda dapat membaca informasi tentang tanda dan gejala.

Kelelahan (extreme fatness)

Kelelahan adalah perasaan kelelahan yang ekstrem yang tidak hilang, bahkan setelah Anda beristirahat. Hal ini sangat umum terjadi pada pria dengan kanker prostat stadium lanjut.

Banyak pria terkejut dengan betapa lelahnya perasaan mereka dan akibatnya terhadap kehidupan mereka. Kelelahan bisa menyulitkan mengerjakan tugas sehari-hari. Kelelahan juga bisa mempengaruhi mood Anda.

Kelelahan bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk kanker prostat itu sendiri, perawatan kanker prostat, stres, cemas dan kurang aktivitas fisik.

Apa yang bisa membantu?

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki atau mengatasi kelelahan Anda, termasuk:

berbicara dengan dokter atau perawat
melakukan aktivitas fisik
mendapatkan bantuan dengan masalah emosional
perencanaan ke depan dan mengambil hal-hal perlahan
meminta bantuan
membuat waktu untuk bersantai
makan dan minum dengan baik
memilah tidurmu

Rasa sakit

Nyeri merupakan masalah umum bagi pria dengan kanker prostat stadium lanjut, meski beberapa pria sama sekali tidak sakit. Kanker dapat menyebabkan rasa sakit di daerah yang telah menyebar. Jika Anda memiliki rasa sakit, biasanya Anda bisa merasa lega atau berkurang.

Penyebab paling umum dari rasa sakit adalah kanker yang telah menyebar ke tulang. Jika kanker prostat menyebar ke tulang, itu bisa merusak atau melemahkan tulang dan bisa menyebabkan rasa sakit. Pemindaian tulang dapat menunjukkan apakah daerah tulang Anda telah melemah. Area yang muncul pada pemindaian terkadang disebut 'hot spot'.

Nyeri tulang adalah perasaan yang sangat spesifik. Beberapa pria menggambarkannya sebagai perasaan yang mirip dengan sakit gigi tapi di tulang, atau seperti sakit tenggorokan atau menusuk. Bisa bertambah buruk saat Anda bergerak dan bisa membuat area empuk disentuh. Setiap orang mengalami nyeri tulang akan berbeda. Rasa sakit mungkin konstan atau mungkin akan datang dan pergi. Seberapa buruk itu juga bisa bervariasi dan mungkin tergantung dimana tulang yang terkena.

Anda mungkin mendapatkan jenis rasa sakit lainnya. Misalnya, jika kanker menekan saraf, ini juga bisa menyebabkan rasa sakit. Ini mungkin menembak, menusuk, membakar, kesemutan atau mati rasa.

Nyeri juga bisa menjadi gejala dari kondisi yang lebih serius yang disebut metastatic spinal cord compression (MSCC) .

Apa yang bisa membantu?

Dengan perawatan yang tepat, rasa sakit kanker biasanya bisa ditangani. Anda seharusnya tidak harus menerima rasa sakit sebagai bagian normal dari kanker. Jika Anda sakit, bicarakan dengan dokter atau perawat Anda. Nyeri sebelumnya diobati, semakin mudah kontrol. obat kanker prostat di apotik

Berbagai jenis rasa sakit diobati dengan cara yang berbeda. Perawatan untuk mengendalikan rasa sakit meliputi:

Pengobatan untuk kanker itu sendiri, seperti terapi hormon , steroid atau kemoterapi
Pengobatan untuk rasa sakit, seperti obat penghilang rasa sakit, radioterapi , bifosfonat , stimulasi saraf elektrik transkutaneous (TENS), atau blok saraf.
Hal-hal lain yang mungkin bisa membantu Anda mengatasi rasa sakit Anda meliputi:

menyimpan catatan harian rasa sakit untuk membantu Anda menggambarkan rasa sakit tersebut kepada dokter atau perawat Anda (unduh di bawah)
melihat terapi komplementer
makan makanan sehat atau berolahraga teratur
mendapatkan dukungan emosional
Untuk menemukan cara terbaik untuk mengatasi rasa sakit Anda, Anda mungkin memiliki penilaian rasa sakit dan dirujuk ke spesialis perawatan paliatif. Spesialis perawatan paliatif memberikan perawatan untuk mengatasi rasa sakit dan gejala kanker lanjut lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar