Senin, Maret 20, 2017

kesehatan Ginjal yang Tidak Bisa di Abaikan

Obat gagal Ginjal - Rheumatoid arthritis (RA) memiliki banyak konsekuensi kesehatan, dan bukti menunjukkan bahwa peningkatan risiko penyakit ginjal adalah salah satu dari mereka. Penyakit ginjal juga menimbulkan peluang Anda untuk mengembangkan penyakit jantung. Karena orang dengan RA telah memiliki dua kali lipat risiko rata-rata untuk penyakit kardiovaskular, yang dapat menyebabkan masalah serius.

Bagaimana RA Mempengaruhi Ginjal?
Menurut sebuah studi 2014 Mayo Clinic, orang dengan RA memiliki satu dari empat kesempatan mengembangkan penyakit ginjal dibandingkan dengan satu dari lima kesempatan bagi orang-orang yang tidak memilikinya.  obat gagal ginjak stadium 5

Dalam studi sebelumnya di Prancis dari 129 pasien RA, yang dikenal sebagai studi MATRIX (metotreksat dan ginjal Insufficiency), 46% dari pasien menunjukkan beberapa derajat penyakit ginjal.

Salah satu jenis masalah ginjal yang ditemukan pada orang dengan lama RA adalah amiloidosis. Dalam kondisi ini, "tipe khusus protein akan disimpan yang menyebabkan gagal ginjal," kata Eric Matteson, MD, ketua Pra di Mayo Clinic di Rochester, Minn.

pasien RA mungkin juga memiliki jenis lain dari penyakit ginjal, meskipun jenis yang tepat tidak selalu ditentukan. "Kebanyakan pasien dengan RA dan penyakit ginjal kronis tidak menjalani biopsi ginjal," kata LaTonya Hickson, MD, seorang ahli ginjal di Mayo Clinic. Di antara pasien yang tidak mendapatkan biopsi, "berbagai penyakit ginjal telah ditemukan, termasuk amiloidosis, glomerulonefritis membranosa [penumpukan zat kekebalan tubuh di dalam ginjal], dan penyakit glomerular lainnya [mereka yang mempengaruhi filter kecil di ginjal]."

Ilmu balik Link RA-Ginjal
Para ahli percaya bahwa RA dapat meningkatkan risiko untuk masalah ginjal dalam dua cara utama. 

Peradangan
"Kami pikir itu beban inflamasi keseluruhan dari penyakit" yang memberikan kontribusi untuk disfungsi ginjal, kata Dr. Matteson. "Sama seperti Anda telah meningkatkan  risiko penyakit jantung karena bagaimana peradangan mempengaruhi pembuluh darah Anda, hal yang sama berlaku untuk pembuluh darah kecil di ginjal." Semakin parah penyakit Anda, semakin tinggi risiko fungsi ginjal yang buruk, katanya .

obat
Sebagian besar obat yang diambil untuk RA tidak langsung beracun untuk ginjal, kata Donald Miller, PharmD, profesor praktik farmasi di North Dakota State University di Fargo. Tetapi beberapa dapat menyebabkan masalah jika Anda sudah telah mengurangi fungsi ginjal.   

OAINS . Dosis reguler over-the-counter obat nonsteroidal anti-inflammatory (NSAID), seperti ibuprofen dan naproxen, biasanya tidak menimbulkan masalah bagi orang-orang yang relatif sehat, kata Miller. Namun, semua NSAIDs mengurangi aliran darah ke ginjal. Ini bisa berbahaya bagi mereka dengan fungsi ginjal berkurang, yang mencakup banyak pasien yang lebih tua.
Kortikosteroid . Kortikosteroid seperti prednisone penyebab retensi cairan, yang dapat meningkatkan tekanan darah. Seiring waktu, ini dapat memperburuk penyakit ginjal, kata Miller.
Methotrexate . Obat ini dieliminasi melalui ginjal. Jika ginjal Anda tidak bekerja serta mereka harus, itu dapat membangun dalam aliran darah Anda, berpotensi menyebabkan overdosis.
Siklosporin . Sebuah immunosuppressant kuat, siklosporin dapat menurunkan fungsi ginjal. Tentang "setengah dari pasien mengembangkan masalah ginjal ringan saat siklosporin, dan mungkin perlu menyesuaikan dosis atau menghentikan obat," menurut American College of Rheumatology. Fungsi ginjal biasanya membaik setelah obat dihentikan.
Gejala Penyakit Ginjal
Seringkali, orang tidak memiliki gejala penyakit ginjal hingga penyakit sudah lanjut. Beberapa gejala, seperti kelelahan dan kehilangan nafsu makan, meniru orang-orang dari RA. Selalu memberitahu dokter Anda tentang gejala baru atau memburuk. Gejala penyakit ginjal meliputi:

nafsu makan menurun
Kelelahan
kulit gatal atau gelap
kram otot (terutama pada malam hari)
Bengkak di sekitar mata
Sesak napas
kaki bengkak dan pergelangan kaki
kesulitan berkonsentrasi
kesulitan tidur
Kencing lebih sering
Menentukan Risiko Anda untuk Penyakit Ginjal
Tidak ada pedoman formal untuk seberapa sering pasien RA harus diuji untuk penyakit ginjal. Namun, dokter mungkin mulai menguji lebih sering sekarang bahwa risiko penyakit ginjal lebih dipahami, kata Dr. Matteson. darah dan tes urine sederhana dapat menentukan seberapa baik ginjal Anda bekerja.

Anda lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit ginjal jika Anda memiliki:

Diabetes
riwayat keluarga penyakit ginjal
Penyakit jantung
Tekanan darah tinggi
Kolesterol Tinggi
Afrika Amerika sekitar 3,5 kali lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit ginjal dari Kaukasia, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Safeguard Ginjal Anda
Jika Anda memiliki  rheumatoid arthritis , Anda dapat melindungi ginjal Anda dalam beberapa cara.

Pastikan RA Anda dikendalikan dengan baik . Peradangan yang lebih baik dikendalikan, semakin dilindungi ginjal harus.
Bicaralah dengan dokter Anda tentang semua obat Anda . Jika Anda memiliki masalah ginjal yang ada, dokter anda dapat merekomendasikan dosis rendah obat tertentu. OAINS umumnya tidak disarankan untuk orang dengan masalah ginjal yang ada.
Diuji secara teratur . "Sangat penting untuk mengetahui apakah fungsi ginjal Anda dekat dengan normal," kata Dr Miller. Frekuensi tes darah dan urin akan tergantung pada obat-obatan yang Anda ambil dan kondisi kesehatan lain yang Anda miliki. Berbicara dengan dokter Anda.
Mengontrol tekanan darah dan kolesterol . Orang dengan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit ginjal.
Minum banyak cairan . "Hidrasi sebenarnya sangat penting untuk fungsi ginjal yang baik," kata Dr Matteson. "Banyak orang tidak minum cukup."
Perhatikan asupan garam Anda . Makan terlalu banyak garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, yang mengancam ginjal.

0 komentar:

Posting Komentar